Breaking News
Loading...

Budidaya Lobster Laut


Lobster air laut hampir sama bentuknya dengan lobster air tawar, namun ukurannya lebih besar. Jika lobster air laut ini dikembangkan sesuai teknik budidaya yang tepat, akan menjadi usaha yang cukup prospektif. Apalagi permintaan pasar  semakin luas, baik di dalam negeri utamanya untuk kebutuhan restoran, catering, dan industri, maupun ekspor ke berbagai negara,  misalnya Jepang, Singapura, Hongkong, dan Cina. Harganya  mulai  Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per kg, dibandingkan lobster air tawar Rp150 ribu per kg.  Budidaya lobster air laut kini mulai trend di sejumlah kota,di antaranya Jakarta, Yokyakarta, dan Bali.
Pelaku budidaya lobster air laut di Yokyakarta, mengaku, awalnya dia dan teman-temannya mengusahakan lobster air tawar, namun sejak dua tahun silam mereka tertarik untuk  membudidayakan lobster air laut.  Alasannya selain memiliki harga jual yang tinggi, juga  juga memiliki kelebihan berat badan.  Misalnya,  satu ekor lobster air asin sama beratnya dengan dua hingga tiga ekor lobster air tawar.
   "Saya dan teman mengusahakan lobster air laut pada luasan areal 50 meter per segi.Kami membagi menjadi  7 kolam. Dalam sekali panen kami memperoleh omset Rp32 juta, setelah dikurangi harga beli bibit dan modal kerja. Jika waktu panen lobster-lobster yang sudah dipesan  dikirim melalui pesawat ke Bali, Jakarta, dan Semarang.

Biaya pengiriman itu ditanggung pelanggan. Yang menarik dari budidaya lobster air laut ini karena  sebelum masa panen tiba, sudah ada pelanggan yang memesan untuk membelinya. Bahkan, biasanya produksinya tidak mencukupi permintaan,” ujar nya.
Menyangkut persoalan budadaya, mahasiswa Akademi Manajemen dan Ilmu Komputer (AMIKOM) Yokyakarta ini mengemukakan,mereka membeli bibit lobster  air laut dari nelayan-nelayan di daerah Cilacap, Jawa Tengah. Harga bibit lobster air laut jenis  pasir, mutiara , bambu atau batik, maupun batu dan pakistan  dengan berat badan 0.5 ons  sebesar Rp30 ribu per kg.
Sedangkan ukuran 1 hingga 2 ons harganya Rp405 ribu per kg.
Karena perjalanan dari Cilacap ke  Yokyakarya jauh, maka sebelum disebar ke kolam pembesaran,   bibit lobster itu terlebih dahulu di masukan ke kolam khusus karantina selama satu minggu untuk penyesuaian.Sebab, jika langsung di masukan ke kolam pembesaran ditakutkan terjadi kematian yang bisa mencapai 50 %. Tetapi,jika di  karantina, tingkat kematiannya hanya mencapai  sekitar 5%.

Untuk keberhasilan dan kelangsunan hidup  lobster air laut perlu diperhatikan kolam budidaya. Misalnya, ketinggian air kolam sekitar 40 cm – 2 m.Kadar garam dalam air antara 1.028 – 1.032, kadar garam itu dicek menggunakan digital salt meter. Setelah itu disebarkan pecahan kerikil atau kerang didasar kolam agar lobster nyaman seperti dihabitat aslinya suka sembunyi di karang. Kolam budidaya juga perlu dijaga kecukupan oksigen dalam air dengan aerator. Bila perlu siapkan cadangan generator bila listrik PLN padam.  Makanan yang perlu diberikan  berupa  ikan kecil dari laut yaitu ikan akhiran dari pelelangan, kerang, kece. Pemberian makan 2 kali sehari, dengan ukuran yang pas, jangan sampai kelebihan dan kekurangan guna menjaga kondisi air selalu segar.
     Budidaya lobster air laut lainnya, Handoko Yudha mengemukakan,dirinya hanya membudidayakan pembesaran bibit lobster bobot 1 hingga 2 ons.   Karena harganya melambung tinggi dibandingkan bibit dengan berat 0,5 ons.
Dia biasanya menampung bibit lobster kecil yang dibelinya  dari nelayan di daerah  Pangandaran , Gombong, atau Pelabuhan Ratu . Kemudian di besarkan di kolam miliknya di Kebayoran Lama , Jakarta Selatan.
Handaoko memiliki 10 kolam dilengkapi installasi arus air laut dan onsigen agar mirip dengan habitat aslinya di laut. Untuk mengisi kolam dia membeli air laut Rp400 ribu per  5 m per segi . Untuk makanan diberikan cacahan ruca – ruca, yaitu ikan yang tak terjual di tempat pelelangan. Harganya Rp2000 per kg. Pemberian makan 3 kali sehari : pagi , siang dan sore . Pemberian makan perlu di kontrol jangan sampai pakan banyak tersisa di kolam karena akan menjadi racun .
 Menurutnya,  jika bibit lobster air laut itu akan  di ekspor, maka harus diperhatikan jangan sampai kaki lobster putus 3 berderet. SEdangkan soal harga, Handoko mengatakan sangat fluktuatif. Setiap 2 hingga 3 hari pasti berubah dengan turun atau naik naik sekitar 10% hingga 20 %. Makanya biasanya menunggu hingga harga maksimal. Harga biasanya naik menjelang tahun baru, lebaran, natal, atau imlek.

46 komentar:

  1. bisa kasi lebih detail gak mas soal dimensi kolam bahan2 dan pakan dan prakiraan modal awal?? bibit biasa beli dimana kalau luar jawa (kalimantan)
    email : indrastoc@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama TAUHID SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak TAUHID SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak TAUHID SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

      Hapus
  2. Nmpang nglapag gan...
    Sedia bibit Lobster K3.
    Cilacap.
    Cp:081381490901
    Aziz

    BalasHapus
  3. mksh inpohnya gan ane mau nambahin blh ndak brang kl bermanfaat bagi pembaca
    http://idebinis.org/2013/08/tips-memulai-bisnis-budidaya-lobster-air-tawar/

    BalasHapus
  4. Saya Pembeli bibit lobster laut jenis pasir, pakistan dan mutiara
    ukuran 30 gram sampai 1 ons

    silahkan hub saya di

    081266974245 (Line/whatsapp)
    085272208737 ( call/rofi )
    kunjungi wek kami
    www.batamseafood.com

    BalasHapus
  5. bisa minta cp pembudidaya lobster air laut bos???
    bisa hub saya 08883269813 WA on / pin bb 323886D6.

    BalasHapus
  6. Minta alamat yg lengkap dong plend daerah cilacap'y....
    Pengen beli benih lobster air laut nih,,

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. saya mau beli bibit lobster ukuran 0,5 ons, jenis apa saja boleh, kalo ada yang jual hubungi saya kapanpun disini ( 085730721100 ) thanks

    BalasHapus
  9. Sy butuh bibit lobster mutiara & bambu yg ukuran 0,5ons..,brp ya gan.. hubungi di no ini (085298911031). Thank's.

    BalasHapus
  10. Sy butuh bibit lobster mutiara & bambu yg ukuran 0,5ons..,brp ya gan.. hubungi di no ini (085298911031). Thank's.

    BalasHapus
  11. Sy butuh bibit lobster mutiara & bambu yg ukuran 0,5ons..,brp ya gan.. hubungi di no ini (085298911031). Thank's.

    BalasHapus
  12. Sy butuh bibit lobster mutiara & bambu yg ukuran 0,5ons..,brp ya gan.. hubungi di no ini (085298911031). Thank's.

    BalasHapus
  13. saya punya kapal khusus untuk tangkap udang lobster
    tapi saya masih bingung kemana saya harus menjualnya
    sedangkan di daerah saya di BENGKULU udang ini kl di jual harganya
    tidak terlalu mahal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rsax klo msalah penjualan it ngga trllu slit, ap lgi di daerh bali, tw ke btam, z pembudidaya lobster air laut untuk smua jenis, skrang zpuxa stok 2500 ekor untk jednis bambu, n 765 skian untk jnis lainx/ cmpur, z da di daerh maluku utra, kmi hax mlkukan pmbsran dgn pnbran 1 smpai 3 ons

      Hapus
  14. setiap hari kalau cuaca bagus
    saya bisa menghasilkan udang hingga 7-8 kg
    mohon pencerahannya masalah harga udang,
    mutiara
    pakistan
    batik
    dan jenis yg lain

    BalasHapus
  15. no hp : 085267299233
    email : lunasaya70@gmail.com

    BalasHapus
  16. saya mau beli bibit lobster jenis bambu,pasir,mutiara.hub saya 081228079988
    thank's

    BalasHapus
  17. kalo boleh saya minta alamat mas aris supriantoro min. kebetulan saya tinggal di jogja. mungkin saya bisa langsung bertemu dan melakukan wawancara dengan mahasiswa yg sudah berhasil melakukan bisnis ini. terima kasih sebelumnya. email : gajah_olink06@yahoo.co.id

    BalasHapus
  18. Jika butuh indukan Lobster harap hubungi saya di no. Hp 081287122644 an. Rhara Arsyad. Ini indukan langsung dari perairan laut Maluku.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  19. bgi tman" jika ad yg berminat dgn batu bacan/ batu hdup ke unikan batu ini dapat brbah wrna dgn sndrix z slah satu penjual batu bacan bagi yg berminat hub, no, 081342555173

    BalasHapus
  20. Beli bibit lobster nie gan 7ecc9e66

    BalasHapus
  21. tempat tinggal saya dekat laut gan pengen usaha lopter laut tpi bingung pemasarannya apa bisa saya jdi mitranya gan saya punya tempat saya beli bibit dri agan setelah panen saya menjualnya ke agan [mudah2an ada yg mau menjadikan saya mitra no 082165809353 )

    BalasHapus
  22. dibutuhkan bibit lobster jeis apa saja dengan bobot 0,5 gr per-ekor for further information call : 08170902001

    BalasHapus
  23. Jika ada yg berminat membeli bibit lobster jenis mutiara size 0,5 gr,
    Silahkan hubungi:
    0858-6318-4964 (judin)

    BalasHapus
  24. Saya pengelola nelayan LOBSTER AIR LAUT dan GURITA di daerah tasikmalaya...
    Bagi yang membutuhkan bibit LOBSTER AIR LAUT dan GURITA untuk konsumsi jika perlu...
    SILAHKAN NO KONTAK SAYA
    082210432202/08568265454/WA.
    #SIAP TERIMA ORDER DALAM JUMLAH BESAR,PEMESAN TERIMA DALAM KONDISI HIDUP...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nanang Susilo masih perlu lobster laut ukuran 50 gram? Kalo masih perlu bisa saya siapkan.
      0811224000

      Hapus
  25. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan AEROTUBE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  26. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan AEROTUBE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  27. yang punya bvibbt lobster mutiara ukuran 1.5-2 ons hub bestdeal.astore@gmail.com

    BalasHapus
  28. Bagi rekan2 yg membutuhkan bibit lobster laut segala jenis.. silahkan imel ke arnawa_asri@yahoo.com

    BalasHapus
  29. Bl lobster mutiara daerah batam ukuran 3 ons. hubungi 082283319520. Sms only.

    BalasHapus
  30. Jual lobster mutiara mulai ukuran 0,2. Harga miring dr pasaran. Didapatkan langsung dr papua

    BalasHapus
  31. Bagi teman teman yang memiliki stock lobster laut yang mati fress maupun yang beku kami ingin membelinya secara kontinyu ini no kontak kami 082266553345

    BalasHapus
  32. Bagi teman teman yang memiliki stock lobster laut yang mati fress maupun yang beku kami ingin membelinya secara kontinyu ini no kontak kami 082266553345

    BalasHapus
  33. Syh..di jakarta . Mau coba ternak lopter air laut .. beli bibit yah di mana yah .. tlg ifo yh....................08 7881377099

    BalasHapus
  34. Saya butuh bibit lobster mutiara dalam jumlah besar kalau ada yg punya bisa hubungi saya wa/telpon 082257236515

    BalasHapus
  35. Dibutuhkan lobster air laut dlm keadaan hidup/segar (bukan budidaya) jenis mutiara,pasir, bambu, pakistan, kipas dll size 250 Up. Bagi yg serius silahkan hub lwt wa/tlp/sms di : 0812 8207 4568. Tks

    BalasHapus
  36. Juga tripang duri kupas size 80-100.Silahkan hub : 0812 8207 4568. Tks

    BalasHapus
  37. Ralat : tripang duri kupas size 800-1000.Tks

    BalasHapus
  38. Ralat : Tripang duri kupas uk 800-1000. Hub : 0812 8207 4568.Tks

    BalasHapus
  39. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  40. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.qmario.com
    - www.qmario. net

    BalasHapus

Copyright © 2013 Beat Book All Right Reserved | Share on: Blogger Template Free